Pengertian Franchising
Waralaba atau Franchising (dari bahasa Prancis untuk kejujuran atau kebebasan)
adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
Waralaba menurut versi pemerintah Indonesia adalah perikatan
dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak
dari kekayaan
intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas
usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan
yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau
penjualan barang dan jasa.
Jenis waralaba
Waralaba dibagi menjadi dua :
Ø
Waralaba luar negeri (Asing)
Ø
Waralaba dalam negeri (Lokal)
Definisi Waralaba Asing
Franchise Asing, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih
jelas merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
Contoh Waralaba Asing
v Fast Food ; KFC,
Texas Fried Chicken , Mc. Donald, A & W, Wendyis.
v Restaurant/
cafe/ bar : Red Lobster, Panderosa, Sizzler, Hong Bin Lao, Black Angus,
Fashion Cafe, Hard Rock.
v Pizza/ es
krim/ Youghurt/donut : Pizza Hut, Round table pizza, Jolli Bee, Baskin, Robins, Dunkin
Donuts, Swensens, Yogen Fruzz.
v Soft drink : Green
spot, Coca Cola, Pepsi Cola, Gatorade
Keuntungan & Kelemahan
v Keuntungan bisnis franchising antara
lain:
- Bantuan
keuangan dari franchisor.
-
Brand name dan reputasi.
-
Bisnis sudah terbangun
-
Standarisasi mutu.
-
Biaya produksi rendah.
-
Kesiapan menajemen.
-
Bantuan manajemen dan teknik.
-
Profit lebih tinggi.
-
Perlindungan wilayah.
-
Memperoleh manfaat market research dan product development.
-
Risiko gagal kecil.
v Kelemahan Franchising
-
Program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan.
-
Franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan.
Kiat-Kiat untuk Mempertahankan Franchising
- Produk yang dijual harus disukai oleh semua orang. Misal, dalam bidang makanan, rasa harus disukai oleh semua orang.
- Merek dagang produk harus sudah dikenal. Paling sedikit di 5-10 negara. Merek tersebut biasanya sudah sering dipublikasikan melalui media masa sehingga dapat langsung memasuki pasaran dan berkembang.
Manfaat Franchise / Waralaba
Sebagai salah satu alternatif model
bisnis, pengembangan usaha dengan pola ini menawarkan berbagai manfaat
yang menarik baik bagi franchisor mau pun franchisee.
Manfaat bagi franchisor:
- pengembangan usaha dengan biaya yang relatif murah
- potensi passive income yang cukup besar
- efek bola salju dalam hal brand awareness dan brand equity usaha anda
- terhindar dari undang-undang anti monopoli.
Manfaat bagi franchisee:
- memperkecil resiko kegagalan usaha
- menghemat waktu, tenaga dan dana untuk proses trial & error
- member kemudahan dalam operasional usaha
- penggunaan nama merek yang sudah lebih dikenal masyarakat.
Sumber Data
http://id.wikipedia.org/wiki/waralaba
http://hostforplus.blogspot.com/2011/05/manfaat-franchise-waralaba.html
http://localhost/E:/TUGAS/tugas-3.html%20franchising.html
http://hostforplus.blogspot.com/2011/05/manfaat-franchise-waralaba.html
http://localhost/E:/TUGAS/tugas-3.html%20franchising.html
Hai kawan, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
BalasHapusDesember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755
oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5
makasi :)